Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MACAM DAN JENIS OLI OLI YANG DI BUTUHKAN MOTOR






Assalamualaikum warrohmatuloh wabbarakatuh.


Bertemu serta berjumpa lagi bersama kami. Alhamdulilah puji syukur kami masih di beri kesehatan dan kesempatan untuk dapat menyapa semua dalam memberikan informasi yang inovatif dan inspiratif seputar dunia outomotive sepeda motor. Dan pada kesempatan perjumpaan kita untuk kali ini kami dengan penuh bahagia akan mempersembahkan informasi tentang  macam dan jenis oli oli yang di butuhkan sepeda motor. mengenai atau tentang oli untuk sepeda motor memiliki peranan penting dalam menjaga kelangsungan hidup sepeda motor sendiri yang tentunya dengan adanya oli dapat di pastikan sepeda motor dapat awet dan tahan lama. Oleh karena itulah berikut kami informasikan macam dan jenis oli yang di butuhkan serta di pakai oleh sepeda motor di antaranya adalah :



Mengenai macam serta jenis oli yang di butuhkan pada sebuah sepeda motor sangat beragam, biasanya terdapat sedikit perbedaan macam dan , untuk sedikit perbedaan tersebut biasanya tergantung jenis atah type motor yang di gunakan di antaranya sebagai contoh kebutuhan oli antara sepeda motor jenis matik dengan sepeda motor bebekan dapat di pastikan berbeda macam serta jenis yang di butuhkan atau di pakai, termasuk juga untuk jenis sepeda motor bebekan juga mempunyai sedikit perbedaan antara sepeda motor jenis 4 tak dengan sepeda motor bebekan jenis 2 tak. Dan dari semua macam atau jenis oli yang di butuhkan atau di gunakan oleh sepeda motor memiliki fungsi serta manfaat juga peranan yang berbeda beda. Untuk lebih mendalam dan lebih jelas mengenai macam serta jenis oli yang di butuhkan oleh sebuah sepeda motor berikut ini informasinya  di antaranya adalah sebagai berikut :

Pada sepeda motor untuk hal kebutuhan atau pemakaian jenis oli sangatlah beragam dan berbeda beda di antaranya adalah :

A. Jenis oli mesin pada sepeda motor.

Untuk jenis oli mesin memang dari semua jenis sepeda motor menggunakan dan membutuhkan. Dengan adanya oli mesin memiliki manfaat dan fungsi untuk melumasi atau melicinkan pergerakan mesin serta membuat dingin mesin sepeda motor oleh sebab itulah sebaiknya selalu rutin mengecek kondisi oli mesin agar selalu dalam kondisi bagus dan prima untuk menjaga mesin kuat dan bagus performanya pada sepeda motor.

B. Oli rem atau minyak rem.

Pada semua jenis sepeda motor juga membutuhkan atau menggunakan oli rem atau minyak rem tersebut. Adapun untuk oli rem atau minyak rem  sendiri memiliki fungsi atau manfaat untuk menjaga bagian rem agar dapat pakem atau normal dalam penggunaanya. Dan untuk cara menggantinya sama yaitu apabila sudah mengalami keruh atau berubah warnanya maka sebaiknya menggantinya dengan yang baru.

C. Oli gardan pada sepeda motor jenis matik.

Oli gardan adalah jenis oli yang di butuhkan dan di pakai oleh sepeda motor jenis matik yang berfungsi untuk memperlancar pergerakan gear ratio pada transmisi outomatis serta mengatasi masalah seperti bunyi yang tidak enak pada bagian box cvt sehingga menjaga bagian tersebut selalu kondisi bagus dan awet. Adapun proses pergantian sama apabila sudah keruh atau agak menghitam dengan kira kira atau perbandinganya 3 kali ganti oli mesin dengan 1 kali ganti oli gardan.

D. Oli samping atau oli 2 tak.

Mengenai jenis oli samping atau oli 2 tak memang di buat khusus di peruntukan pada sepeda motor jenis 2 tak seperti suzuki satria, yamaha fiz R dan yamaha rx king juga jenis sepeda motor 2 tak lainya. Untuk jenis oli samping atau oli 2 tak berfungsi untuk melumasi bagian silinder sehingga mesin tersebut bagus dan prima. Dan mengengingat pada oli samping atau oli 2 tak biasanya akan cepat habis di karenakan terbakar bersama pembekaran bensin oleh karena itu bagi pemilik sepeda motor jenis 2 tak lebih sering untuk mengisinya. Juga oli samping atau oli 2 tak pada sepeda motor jenis 2 tak sangat penting sekali keberadanya bagi pemiliknya sebaiknya jangan sampai telat atau kehabisan dan kalau sampai kehabisan dapat di pastikan sepeda motor tersebut tidak mungkin dapat berjalan.


Sahabat semua itulah yang dapat kami informasikan pada perjumpaan kita pada kesempatan kali ini, kurang lebih kami minta maaf yang sebesar besarnya serta semoga juga dapat berguna dan bermanfaat terhadap semuanya. Sekian sampai jumpa dan bertemu lagi dan terima kasih.

WASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.